Hari Raya Idul Adha pertama di Jakarta sebagai nyonya, he he. Biasanya begitu mau lebaran Haji, langsung pulang dan menikmati hidangan dirumah yang dimasak Ibu tercinta.
Sekarang nyoba-nyoba masak sendiri, habis dapet jatah daging, bingung mau di masak apa. Pengennya sih masak sate, tapi berhubung pengantin baru alat-alat masaknya belum lengkap alias tidak punya pemanggang dari arang. Bisa saja pake kompor gas, tapi menurut saya citarasanya beda. Lebih mantap dibakar dengan arang.

Akhirnya saya putuskan untuk membuat tongseng saja, dan mengubur impian saya memasak sate. Sepulang dari pasar, saya lihat bapak-bapak sebelah rumah sibuk membuat panggangan dari arang di halaman depan. usut punya usut ternyata beliau juga berniat membuat sate. Lalu terpikir oleh saya untuk menawarkan kerja sama yang bersifat simbiosis mutualisme, bahasa simpelnya sih "pak boleh nebeng bakar sate ga? " dan alangkah senangnya bapaknya mengiyakan. Saya menawarkan untuk tongseng buatan saya dan tetangga saya menyambut dengan gembira, satu lagi tadi juga terjadi transfer resep karena saya membuat bumbu sate sendiri ala solo dan ternyata mereka juga menyukainya. :D

Ya sudah daripada kebanyakan curhat, yuksss mari masak sate dan tongseng ala solo ;P












TONGSENG SOLO
Bahan :
Daging Kambing / Sapi
Kol dan Tomat iris kasar
Minyak goreng untuk menumis
Kuah gulai (jika tidak ada ganti dengan air, bumbu kari sedikit, campur dengan santan panaskan sebentar jadi deh ;P)

Bumbu yang dihaluskan:
Bawang merah, bawang putih, ketumbar di sangrai, jinten, pala dan garam secukupnya

Bumbu lainnya :
daun jeruk purut dihilangkan tulangnya, daun salam, serai.

Cara memasak :
Tumis bumbu yang dihaluskan dalam minyak panas, tunggu sampai wangi.
Masukkan daging yang telah dipotong kecil-kecil aduk rata sampe berubah warna
Masukkan daun jeruk, salam dan serai.
Masukkan kuah gulai sedikit demi sedikit lalu beri kecap sesuai selera, tunggu hingga mendidih dan daging empuk.
Menjelang matang tambahkan kol dan tomat yang telah diiris-iris, biarkan layu.
Angkat dan hidangkan hangat-hangat :D













SATE KAMBING SOLO

Bahan : daging kambing potong kotak lalu susun ke tusukan sate, beri lemak dalam setiap tusuk agar rasa lebih gurih saat dibakar.

Bumbu : bawang merah, bawang putih, ketumbar, gula jawa, asem jawa, haluskan lalu beri sedikit air.

Cara membuat : Masukkan tusukan sate ke dalam bumbu lalu bakar, setelah setengah matang rendam lagi dalam bumbu sebentar, beri kecap manis lalu bakar lagi hingga matang. Hidangkan sate dengan tomat, kol, irisan bawang merah dan cabe rawit.

Semoga bermanfaat ya, selamat menikmati.

Comments (2)

On August 24, 2012 at 11:21 PM , Unknown said...

Pengen saya mencoba bikin tongseng kambing tapi kendala utamanya yaitu disaat masak ada aja kekurangan kadang udah mateng rasa kurang asinlah apalah,,,mohon responnya. makasih.

 
On August 24, 2012 at 11:26 PM , Unknown said...

Pengen saya mencoba bikin tongseng kambing tapi kendala utamanya yaitu disaat masak ada aja kekurangan kadang udah mateng rasa kurang asinlah apalah,,,mohon responnya. Hub.081218670447, makasih.