Malam ini saya nonton kick andy sendirian, biasanya saya nonton acara favorit itu berdua dengan suami saya. Tapi karena kecapekan mencoba mesin cuci baru, akhirnya Tuan besar terlelap sudah tanpa sengaja :-).

Inspiratip sekali tamu-tamu yang datang di kick andy edisi kali ini, lebih dari 2 orang ilmuwan Indonesia yang benar-benar diakui oleh Manca negara baik secara teknis maupun akademis. Jadi ingat nasib ijazah S1 kimia murni saya yang tak berhasil saya bawa gara-gara cuti tak berakhir dan terlalu asyik menggambar bangunan di jurusan yang baru :D.

Kebanyakan dari mereka mempunyai lebih dari satu titel dari berbagai disiplin ilmu, dan juga mempraktekkan di bidangnya dengan jempolan, jadi saya yakin 100% tesis dan skripsi mereka asli buatan mereka sendiri (tanpa bermaksut menyindir, ada beberapa mahasiswa yang menyewa jin berujud manusia atau manusia yan gpura-pura jadi jin untuk menyelesaikan skripsinya :p). Dan tidak semua dari mereka berlatar belakang keluarga yang kaya raya, beberapa diantaranya membutuhkan waktu tahunan untuk mengumpulkan uang guna melanjutkan ke jenjang pendidikan yang diinginkan, benar-benar usaha yang pantang menyerah.

Satu kalimat yang masih saya ingat ketika andy menanyakan apakah ada negara yang menawarkan kewarganegaraan untuk anda? Seorang ilmuwan yang sepertinya keturunan tionghoa menjawab dengan tegas "ya, tapi saya menolaknya, karena bagaimanapun saya bangga menjadi orang Indonesia dan saya berharap keberhasilan saya bisa memotivasi orang indonesia untuk lebih baik lagi." Dua jempol pak, untuk anda.
Salut. itu saja yang terucap dari mulut saya.

Comments (0)