Lagi jalan-jalan malam alias blogwalking at midnight hallah...akhirnya saya tertular om warm untuk membuat daftar buku-buku favorit saya, tapi berhubung sudah sedikit ngantuk, jumlahnya saya diskon jadi 7 buku paling asoy yang pernah saya baca.


1. Lima Sekawan - Enid Bylton
Mendapatkan buku ini pertama kali kelas 3 SD, dibeliin sama ibu, waktu saya hendak dicabut giginya. Saya ingat banget di samping tempat praktek dokter gigi ada orang jualan buku bekas dan saya mendapatkan edisi perdana dari petualangan Georgina, Dick, Timmy, Anne dan Julian yang berjudul Pulau Kirrin.
Saking terpengaruhnya, pernah bikin teropong dari pipa pralon dan berpura-pura jadi dektektif cilik.

2. Little House on the Prairie - Laura Ingalls Wilder
Dapet buku ini dari kakak saya, yang katanya boleh ngambil di perpustakaan sekolahnya, waktu itu saya masih duduk di SMP dan kakak saya sudah kuliah jurusan sastra Indonesia. Ceritanya tentang keluarga petani yang kemudian saya tahu kalau film yang diadaptasi dari novel tersebut diputar di TVRI tiap hari minggu siang. Tokoh utamanya bernama Laura, eh tapi berhubung buku saya ini sudah hilang ada yang ingat enggak ya ini kisah nata atau bukan, atau mau berbaik hati meminjamkan bukunya sama saya :)
3. Balada Si Roy - Gola Gong
Serial jadul yang TOP MARKOTOP, selama karir saya sebagai pelahap semua jenis buku kecuali stensil, cerbung ini belum ada yang menandingi. Walaupun sudah berbeda jaman dengan setting yang diceritakan dalam cerbung ini, toh saya sempat terpenagruh pengen dapet pacar yang cuek cuek misterius kayak si Roy. 

4. Tetralogi Laskar Pelangi - Andrea Hirata
Kerennn...membuat saya mendapatkan semangat baru setiap kali habis membaca satu lembar halaman petualangan ikal dan geng Laskar Pelanginya. Dan untuk buku yang keempatnya yaitu, Maryamah Karpov, saya mendapatkan cerita baru yang membuat hidup saya berubah seumur hidup. Sewaktu saya membeli buku itu, bertemulah saya dengan seseorang yang akhirnya mengajak saya mengikat janji di depan penghulu hehehe...

5. Al Asbun - Pidi Baiq
Pertama baca, ngakak, sama seperti serial drunkennya Kang Pidi, setelah itu pelan-pelan diurai kalimat-kalimat kang Pidi, saya toh jadi banyak belajar, banyak tersindir walaupun ga berasa kang Pidi nyinnyir. Kang Pidi memang jago bikin kita merasa tertampar tanpa perlu digampar halaah ...

6. Perahu Kertas - Dee
Satu-satunya buku Dee yang nge-pop tapi tetap getir, dan lagi-lagi saya pun berangan-angan pengen seperti keluarga Kugi, membuat nama depan anak saya nanti semuanya berawalan "R". Pas baca buku ini toh saya sempet sembunyi-sembunyi ngambbil tissue di samping ranjang, hihihi...

7. Serial Harry Potter - JK Rowling
Jujur, saya lebih suka baca bukunya daripada nonton filmnya. Lebih enak membanyangkan di buku dengan presepsi kita sendiri, daripada harus dituntun sutradara di film yang terkadang ga seheboh yang kita bayangkan *ngeyel*. Dan buku yang terakhir saya dimana yaa...kok ilang dari lemari, bagi yang pinjam harap dibalikin, mau saya buat bantal ;))

Oke, teman-teman...begitulah tulisan saya tentang buku-buku favorit yang sebenarnya kalau ga ngantuk masih panjang lagi deretnya, setiap penulis mempunyai ciri khas tersendiri yang membuat saya selalu kagum mengikuti alur cerita yang mereka bagi lewat tulisan, dan saya...biarpun cuma blogger amatiran, semoga saja, suatu saat entah kapan, bisa tertular kehebatan mereka...amin :)

Selamat malam..selamat tiduurr...:D

*gambar nyomot dari sini*

Comments (0)