INDONESIA

"Indonesia Tanah Air Beta
Pusaka Abadi nan Jaya
Indonesia sejak dulu kala
Slalu dipuja-puja Bangsa"

Mungkin masa itu telah berlalu walaupun saya berharap hanya untuk sementara, masa dipuja-puja, masa kegelimangan dan kebanggaan diri sebagai manusia yang berkewarganegaraan INDONESIA. Banyak sekali sorotan negatif yang ditujukan kepada Indonesia, bahkan dari warganya sendiri, jujur secara pribadi saya tak menyalahkan mereka, mungkin memang masih banyak segala sesuatu yang tidak sesuai dengan yang semestinya. Masih banyak yang belum terjamah kesejahteraan di angka 65 tahun Indonesia Merdeka.  Tapi jauh di lubuk hati saya yang paling dalam, Indonesia tetap membanggakan buat saya.

Pemberitaan yang tidak seimbang, antara kekurangan dan prestasi, antara kreasi dan kerusakan, membuat saya membayangkan, orang yang sama sekali tidak tahu tentang Indonesia akan mengira Indonesia ini negara Bar-bar dan terbelakang, mungkin juga...banyak hal yang membuat saya begidik akhir-akhir ini, bagaimana warga Indonesia yang terkenal ramah tamah bisa dengan gampang tersulut emosi dan berbuat anarkis kepada saudara sebangsanya.Miris..iya saya miris.


Tapi tahukah? ada Profesor termuda dari Indonesia yang menjadi guru besar di Amerika berumur 27 tahun untuk gelar Masternya. Ada Ilmuwan yang menjadi ketua Peneliti dan menemukan Planet baru di luar orbital yang ada. Mereka telah berbuat nyata untuk Indonesia.

Aah tulisan saya diatas memang terlihat terlalu serius, karena saya sudah terlalu muak dengan semua cercaan dan hal-hal negatif yang ditujukan kepada Indonesia saya, kritik selalu diperlukan dalam kelangsungan sebuah negara, sebagai media untuk mengontrol agar pemerintahan berjalan pada relnya (itu pandangan saya sebagai orang yang awam politik), tapi ketika pemerintah selalu dihujat dan tidak diberikan kepercayaan untuk bertindak, apa ini juga menguntungkan bagi Indonesia, saya juga kecewa dengan perilaku para politisi yang tidak semestinya tapi ketika saya menghujat dengan kata-kata kotor, tak ubahnya saya akan sama dengan mereka, dan maaf saya saya tidak mau :)

Satu saja, mari kita tanyakan pada diri masing-masing, apa yang telah kita perbuat untuk Indonesia? apakah kita telah melakukan sesuatu untuk membuat beban-beban yang selama ini bergayut menjadi sedikit lebih ringan? atau memang selama ini kita hanya bisa cuap-cuap tanpa bisa memberikan arti keberadaan kita sebagai warga negara yang mampu memajukan bangsanya?

"Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata"

Indonesia....disinilah aku lahir dan bertumbuh dewasa, menghirup udara dan berpijak dalam indah pulau-pulaumu yang saling merangkai bagai mutu manikam yang harganya tiada tara. Dirgahayu Indonesia-ku, semoga aku bisa berbuat sesuatu untuk mu.


sign

Comments (2)

On August 17, 2010 at 10:50 AM , Batu said...

Saya tetap bangga menjadi bangsa Indonesia..
Walaupun sebenarnya terlalu banyak alasan yang bisa membuat rasa bangga ini berkurang atau hilang..
Semoga Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi..

 
On August 19, 2010 at 2:44 AM , bernadusnana said...

aku bangga sebagai bangsa Indonesia dengan kekayaan alam yang mempesona.

Dirgahayu Indonesia yg ke-65 tahun
Indonesia Jaya....

Garuda di dadaku
Garuda kebanggaanku
Ku yakin hari ini pasti menang..
Kobarkan semangatmu
Tunjukkan keinginanmu
Ku yakin hari ini pasti menang..


salam :)
bernadusnana