Mungkin ini salah satu manfaat, kenapa Tuhan menasbihkan saya harus pergi - pulang kantor dengan naik mikrolet...biar saya punya bahan untuk ngisi blog saya yang semakin terlantar ini...halaah:D

Jadi, edisi kali ini, adalah masih di mikrolet M-16 yang dengan setia mengantar saya ke kantor dan ke rumah jika sore telah tiba. Sore itu, mikrolet hanya berisi 4 orang, sepi seperti biasanya, karena jurusan arah rumah saya itu termasuk jurusan kosong ketika jam sibuk.
Dua orang gadis manis berbaju putih abu-abu, asyik ngobrol dan memencet-mencet tuts di handpone edisi terbaru. Saya, duduk berdampingan dengan seorang ibu yang sepertinya habis belanja di pasar minggu.

Lagi asyik-asyiknya bengong membayangkan semangkuk sop buah yang biasa nangkring di ujung gang rumah saya, tiba-tiba salah satu dari cewek abege ini berkata:
"kalo nyokap gue lagi ada di rumah, gue males banget, pasti gue telpon si bibi, terus gue tanya ada nyokap ga, kalo ada gue terusin jalan, nanti sampe rumah tinggal tidur deh kagak usah dengerin ocehannya lagi"

:-x insting nguping saya mulai bekerja :p , si teman menimpali beberapa kata, intinya mereka terganggu saja dengan kecerewetan si Nyokap di rumah.



Doooh....nak, nanti nak, beberapa saat lagi, jika kamu sudah harus keluar dari rumah entah itu kost atau ikut dengan suamimu, nanti akan kalian rasakan betapa kecerewetan itu begitu ngangeni. Betapa semua hal yang dilakukan seorang perempuan yang kalian panggil ibu itu ternyata sangat berarti, betapa jahe anget  yang diantarkan beliau ke kamar tidurmu dengan sedikit omelan karena kamu lupa menjaga kesehatan itu akan sangat kamu rindukan ketika flu menyerang dengan gila dan kamu terkapar sendirian di kamar kost, sedangkan teman-temanmu sedang sibuk bermalam mingguan dengan pacar-pacar mereka Betapa sayur lodeh yang bolak-balik terhidang di meja makan itu akan menjadi penawar lapar yang dasyat ketika malam-malam kamu kelaparan dan gas di kost sedang habis, betapa pelukan lembut dan usapan di rambutmu itu akan menjadi penguat yang kamu dambakan ketika kamu sedang terluka melihat cowok yang kamu taksir di kantor tiba-tiba nge-date dengan teman dekatmu.
Nanti jika kamu sudah mengandung dan membesarkan seorang anak, betapa akan kamu tahu perempuan  yang disebut ibu itu istimewa :) (begitu kata teman-teman saya yang sudah punya momongan :))

Dan betapa banyak orang yang rela antri dari sejak dini hari untuk mendapatkan tiket pulang ke rumah di akhir puasa, demi melihat keriput di sudut matanya, dan senyum yang mengembang menyambut buah hatinya pulang,...ahh kalau ini saya curcol, karena saya pernah harus ngantri dari subuh di  Gambir demi selembar tiket mudik beberapa tahun yang lalu.... :p

Sayangilah kedua orang tua, bahagiakan mereka, selagi kita masih diberi kesempatan :)

Minjam kata-katanya temen...ini hanya ceracau saya, perempuan yang sedikit (saja) lebih tua dari gadis-gadis berbaju putih abu itu :D. 

*gambar minjem dari getty imaje :)
sign

Comments (6)

On August 22, 2010 at 8:34 PM , dhian said...

setujuuuuuu....

tapi seumur hidupku, akus ama sekali ga pernah merasa malas pulang ke rumah lhhooooo....
main sewaktu ABG sih pastiiii....(apalagi pas SOLO BARU dengan 8 bioskopnya lagi booming, hihihihi...inget ga, mbak yuyuk, hehehehe), tapi selalu pulang ke rumah dengan hati riang, tanpa beban :)

 
On August 22, 2010 at 10:59 PM , SOERIPTO said...

soe RIP to like this....

 
On August 22, 2010 at 11:50 PM , pipit said...

bener banget.. :D

saya ga pernah sih sampe ga mau pulang hanya karena males dicerewetin.. tapi jaman sekolah dan kuliah dulu sering juga sih ngumpet aja di kamar biar gak 'diganggu' dengan pertanyaan ini itu :D

dan sekarang setelah enam tahun terakhir tinggal di kota yang berbeda, setiap ulang tahun beliau pasti saya HARUS cuti.. demi bisa melihat betapa senangnya dia dikunjungi anaknya yang bandel ini..

hiks.. hiks..
*hari ini saya baru aja ngurus surat ijin cuti supaya tetap bisa menjalankan tradisi merayakan ultah mama di sisi beliau..*

 
On August 26, 2010 at 9:26 PM , bernadusnana said...

kok baca tulisan mbak yuyuk...jadi kangen ama ibu bapak yach... :)

hehehehe

salam,
bernadusnana

 
On September 1, 2010 at 12:57 AM , yuyuk said...

@ dhian : iyaaa....eh mudik ga? :D

@ soerip : :D

@ Pipit : eeehh selamat ulang tahun ya buat mamanya semoga sehat selalu :D

@ bernadus : hehehe...pulang lah :)

 
On October 6, 2010 at 8:15 PM , rere said...

yups bner banget..
jmn masi "serumah" mah srg bosen di cerewetin..*mski kaga ampe kaga pulank ke rumah..
but
smnjak lulus SMA, kuliah n resmi menyandang status anak kost mpe skrg da krja..total 7,5 thn
so makin bersa klo cerewet nya mama ngangenin..haghag:P
n rela memohon2 ma bos dkasi cuti demi menatap mata beliau:P