Kemarin sore menjelang malam, saya pulang dengan angkutan umum jurusan pasar minggu - kampung melayu yang biasa saya tumpangi.
Angkot cuma berisi 4 orang, 2 ibu-ibu, satu mbak-mbak manis dengan blazer abu-abu yaitu saya :D dan juga satu orang anak SMA dengan lagi-lagi celana aneh. Angkot pun membelah jalanan Jakarta dengan yak-yak an mungkin supirnya kebelet ke belakang kali yaa.

Sampai di depan kompleks pertanian, dua orang penumpang turun, jadilah tinggal bertiga termasuk pak sopir yang menyerahkan hidupnya kepada angkot yang masih saja berjalan tak keruan itu. Memasuki jalan di samping Taman Makam Kalibata, jalanan mulai macet dan akhirnya berhenti sesaat di antrian lampumerah Kalibata. 


Beberapa waktu kemudian seorang anak naik, memegang gitar kecil, dengan perawakan kecil dan berkulit agak gelap. Paling baru berumur 6-7 tahunan, dan beberapa detik kemudian, si Anak mulai membunyikan gitarnya dan bernyanyi lagu yang lagi ngetop sekarang ini
"mau dibawa kemana..hubungan kita, bila kau terus menunda-nunda dan tak pernah katakan cinta..."
Duuhh..fasihnya si anak menyanyikan lagu-lagu cinta, saat seumur itu saya masih nyanyi lagu cublak-cublak suweng deh kayaknya :D
Lambat laun saya jadi ngeh, ini anak dulu yang pernah saya tanya soal kalung (sudah pernah saya jadikan status di eFbE :
Saya :  (si anak memakai kalung bergambar che guevara, saya sudah jatuh terkagum-kagum di dalam hati saya, anak kecil pilihannya dah oke banget, akhirnya saya kuatkan hati untuk bertanya)
"kalungnya bagus dhek, itu gambar siapa?
Si Anak : Iwan Fals!! (dia menjawab lantang dan saya bengong sambil nelen ludah)

Saya masih inget banget sama muka dan suaranya, dan dari dulu juga cuma lagu itu  yang dinyanyiin sama dia hehe, tapi malam itu kalungnya sudah lenyap. Akhirnya sayapun penasaran lagi, sumpah...bodo amat deh daripada jadi bisul saya tanya lagi lah sehabis dia nyanyi.
Saya : kok kalungnya ga dipake lagi?
Si Anak : (tersenyum lebar) enggak aah, bang iwan sudah tidak pro rakyat
Saya : (bengong lagi ..aseli...) emang kenapa?kok gitu
Si Anak : habisnya bang iwan ga bikin lagu tentang kompor gas yang meledak
Saya : (akhirnya ngasih duit, biasanya saya ngasih coklat kalau pas kebetulan saya bawa, soalnya saya pernah baca katanya ga boleh ngasih uang ke pengamen anak-anak ) ooo...iya yang kemaren itu gambarnya Che Guevara bukan bang Iwan
Si Anak : kata kakak saya itu bang iwan jaman masih muda
Saya : (diam dan menelan penjelasan saya sendiri karena si anak udah kabur entah kemana)

Entah si anak ini tadi ngeh tidak sama jawabannya atau tidak, malah setelah dia turun saya jadi berfikir, apa iya kompor gas yang meledak sana sini itu perlu dibikinkan lagu agar segera ditanggulangi. Jujur saja, sekarang saya jadi agak parno kalau mau menghidupkan kompor gas, dan hidung saya refleks juga sering mengambus-ambus alias nyengir-nyengir membaui kalau-kalau ada gas yang iseng-iseng meloloskan diri dari tabung tempatnya berada.

Jadi bapak Presiden yang Terhormat :)
Saya ini rakyat biasa, mungkin jawaban si anak ini tadi bisa dijadikan pertimbangan, bagaimana jika hidup mereka yang sudah susah masih harus dipersusah dengan kondisi - kondisi yang tidak aman yang nyatanya malah didapat dari barang-barang yang didapat dari pemerintah dengan tujuan untuk memperingan beban hidup rakyat bukan untuk membunuh rakyat kan?

Selamat Hari Anak Indonesia, harapan saya semoga anak-anak indonesia mendapatkan hak yang paling mendasar untuk hidup aman, mendapatkan makanan yang bergizi dan pendidikan yang baik untuk kelangsungan masa depan mereka yang merupakan masa depan bangsa Indonesia tercinta.
 Luv U all Kids

sign

Comments (5)

On July 23, 2010 at 2:07 PM , berandalcinta said...

Selamat Hari Anak..
yupsss...saya setuju dgn mbak..semoga pemerintah bisa memperbaiki semua pengalaman2 yg prnh gagal, apalagi masalah kompor gas yg sdh banyak mkn korban..
lam kenal :)

http://www.berandalcinta.wordpress.com

 
On July 24, 2010 at 3:36 AM , orange float said...

boleh juga tuh usul buat Iwan Fals ciptain lagu tentang meledaknya tabung gas. :D

 
On July 25, 2010 at 8:39 PM , yuyuk said...

berandal cinta :eyalaah namamu angel temen :P
makasih yaa udah mampir2 *nyuguhin teh*

 
On July 25, 2010 at 8:52 PM , yuyuk said...

ijul : tolong bilang dong ke bang iwan=))

 
On July 28, 2010 at 2:15 AM , Yohan Wibisono said...

"Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"